Beginilah Cara membuat proposal Bisnis

 




> Pengertian                  > Manfaat

Aspek Pemasaran      > Mekanisme

Obyek                         > Sasaran 


Apa Pengertian Proposal Bisnis ?

 Proposal Bisnis adalah media umum tertulis dan sistematis yang dibuat oleh wirausahawan untuk menjabarkan mengenai rencana usaha secara tepat sesuai Proposal Bisnis lebih dikenal dengan Surat pengajuan atau permohonan


Apa Manfaat Proposal Bisnis ? 

1. Dapat digunakan sebagai kerangka untuk mendirikan bisnis. 

2. Dapat digunakan untuk bahan perbandingan antara rencana sebelumnya dan hasil yang ingin diraih. 

3. Dapat digunakan untuk merancang strategi bisnis serta menggali kelebihan maupun kekurangannya. 

4. Dapat digunakan untuk membantu wirausahawan dalam mengkaji bidang usaha yang dijalaninya melalui sudut pandang orang lain. 

5. Dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan bisnis.

6. Dapat digunakan untuk mendata persaingan pada lapangan, resiko yang akan dihadapi, serta membantu wirausahawan dalam mengambil langkah antisipasi resiko tersebut. 

7. Dapat digunakan sebagai alat transparansi anggaran yang dibutuhkan. 

8. Dapat digunakan sebagai materi yang diajukan untuk menjalin kerjasama dengan investor. 

9. Dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman modal kepada pihak bank atau pihak lainya.


Aspek Pemasaran dalam Proposal Bisnis ? 

1. Gambaran umum pasar – menggambarkan segmentasi pasar, target pasar, serta positiong atau bagaimana perusahaan Anda menempatkan produk di tengah-tengah pesaing usaha yang sejenis. 

2. Permintaan pasar – Anda harus bisa menggambarkan perkiraan permintaan pasar terhadap produk yang akan Anda jual. Sebisa mungkin Anda harus menuliskan proyeksi permintaan pasar terhadap produk Anda, bila memungkinkan tulislah prediksi kenaikan persentase permintaan pasar terhadap produk Anda. 

3. Rencana penjualan produk – Anda harus bisa menjelaskan mengenai cara Anda untuk mulai menjual produk di awal-awal ketika produk Anda belum dikenal hingga strategi penjualan bila animo pasar sedang turun. 

4. Strategi pemasaran – salah satu aspek penting yang tidak boleh dilupakan dalam berbisnis adalah mengenai strategi pemasaran. Tanpa tim pemasaran yang baik, produk tingkat tinggi pun akan sulit terjual.



Apa Mekanisme Daftar Isi Proposal Bisnis ? 

 1. Cover Depan 

2. Pendahuluan atau Latar Belakang 

3. Tentang Kami atau Profil Bisnis 

4. Tujuan 

5. Jenis Bisnis 

6. Nama Bisnis 

7. Lokasi 

8. Struktur Organisasi Perusahaan 

9. Produk Perusahaan 

10. Jenis Produk 

11. Pembuatan produk 

12. Keunggulan produk 

13. Target Pasar 

14. Strategi Pemasaran 

15. Laporan Keuangan 

16. Alokasi dana 

17. Perhitungan laba 

18. Perhitungan Bagi Hasil 

19. Penutup 

20. Lampiran


Obyek


1.    Keorganisasian – sebagaimana namanya Anda bisa menjelaskan keorganisasian perusahaan mulai dari pemilik usaha, badan hukum, struktur organisasi, hingga job-desc dan sistem honor di dalam perusahaan. Semakin detil dan jelas bagian ini, tentu akan membuat venture capitalist semakin bahagia.

2.    Legalitas – tidak ada investor yang ingin menanam kan modal yang mereka punya kedalam perusahaan yang tidak memiliki legalitas yang jelas. Untuk itu, sebelum Anda berani mencoba mengajukan proposal bisnis plan untuk mencari modal tambahan Anda wajib mengurus semua legalitas terkait jalannya perusahaan Anda.

3.    Inventarisasi – salah satu aspek manajemen yang sering kali disorot oleh para investor adalah inventarisasi. Karena inventarisasi yang baik merupakan langkah awal dari sehat nya keuangan perusahaan, dan sehat nya keuangan perusahaan merupakan pertanda baik bagi para investor. Untuk yang satu ini tentu saja Anda harus belajar lebih dalam lagi, namun bila memang sudah memiliki modal cukup maka Anda bias langsung meng-hire orang - orang yang cakap di bidang ini.


Siapa yang Sasaran Proposal Bisnis : 

1. Pihak Investor 

2. Pihak Kreditor 

3. Pihak Manajemen Perusahaan 

4. Pihak Pemerintah 

5. Pihak Masyarakat 

6. Pihak lainnya

Sekian Terimakasih







Komentar