Beginilah Cara membuat proposal Bisnis
> Pengertian > Manfaat
> Aspek Pemasaran > Mekanisme
> Obyek > Sasaran
Apa Pengertian Proposal Bisnis ?
Proposal Bisnis adalah media umum tertulis dan sistematis yang dibuat oleh wirausahawan untuk menjabarkan mengenai rencana usaha secara tepat sesuai Proposal Bisnis lebih dikenal dengan Surat pengajuan atau permohonan
Apa Manfaat Proposal Bisnis ?
1. Dapat digunakan sebagai kerangka untuk mendirikan bisnis.
2. Dapat digunakan untuk bahan perbandingan antara rencana sebelumnya dan hasil yang ingin diraih.
3. Dapat digunakan untuk merancang strategi bisnis serta menggali kelebihan maupun kekurangannya.
4. Dapat digunakan untuk membantu wirausahawan dalam mengkaji bidang usaha yang dijalaninya melalui sudut pandang orang lain.
5. Dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan bisnis.
6. Dapat digunakan untuk mendata persaingan pada lapangan, resiko yang akan dihadapi, serta membantu wirausahawan dalam mengambil langkah antisipasi resiko tersebut.
7. Dapat digunakan sebagai alat transparansi anggaran yang dibutuhkan.
8. Dapat digunakan sebagai materi yang diajukan untuk menjalin kerjasama dengan investor.
9. Dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman modal kepada pihak bank atau pihak lainya.
Aspek Pemasaran dalam Proposal Bisnis ?
1. Gambaran umum pasar – menggambarkan segmentasi pasar, target pasar, serta positiong atau bagaimana perusahaan Anda menempatkan produk di tengah-tengah pesaing usaha yang sejenis.
2. Permintaan pasar – Anda harus bisa menggambarkan perkiraan permintaan pasar terhadap produk yang akan Anda jual. Sebisa mungkin Anda harus menuliskan proyeksi permintaan pasar terhadap produk Anda, bila memungkinkan tulislah prediksi kenaikan persentase permintaan pasar terhadap produk Anda.
3. Rencana penjualan produk – Anda harus bisa menjelaskan mengenai cara Anda untuk mulai menjual produk di awal-awal ketika produk Anda belum dikenal hingga strategi penjualan bila animo pasar sedang turun.
4. Strategi pemasaran – salah satu aspek penting yang tidak boleh dilupakan dalam berbisnis adalah mengenai strategi pemasaran. Tanpa tim pemasaran yang baik, produk tingkat tinggi pun akan sulit terjual.
Apa Mekanisme Daftar Isi Proposal Bisnis ?
1. Cover Depan
2. Pendahuluan atau Latar Belakang
3. Tentang Kami atau Profil Bisnis
4. Tujuan
5. Jenis Bisnis
6. Nama Bisnis
7. Lokasi
8. Struktur Organisasi Perusahaan
9. Produk Perusahaan
10. Jenis Produk
11. Pembuatan produk
12. Keunggulan produk
13. Target Pasar
14. Strategi Pemasaran
15. Laporan Keuangan
16. Alokasi dana
17. Perhitungan laba
18. Perhitungan Bagi Hasil
19. Penutup
20. Lampiran
Obyek
1. Keorganisasian – sebagaimana namanya Anda bisa menjelaskan keorganisasian perusahaan mulai dari pemilik usaha, badan hukum, struktur organisasi, hingga job-desc dan sistem honor di dalam perusahaan. Semakin detil dan jelas bagian ini, tentu akan membuat venture capitalist semakin bahagia.
2. Legalitas – tidak ada investor yang ingin menanam kan modal yang mereka punya kedalam perusahaan yang tidak memiliki legalitas yang jelas. Untuk itu, sebelum Anda berani mencoba mengajukan proposal bisnis plan untuk mencari modal tambahan Anda wajib mengurus semua legalitas terkait jalannya perusahaan Anda.
3. Inventarisasi – salah satu aspek manajemen
yang sering kali disorot oleh para investor adalah inventarisasi. Karena inventarisasi
yang baik merupakan langkah awal dari sehat nya keuangan perusahaan, dan sehat nya
keuangan perusahaan merupakan pertanda baik bagi para investor. Untuk yang satu
ini tentu saja Anda harus belajar lebih dalam lagi, namun bila memang sudah memiliki
modal cukup maka Anda bias langsung meng-hire orang - orang yang cakap di
bidang ini.
Siapa yang Sasaran Proposal Bisnis :
1. Pihak Investor
2. Pihak Kreditor
3. Pihak Manajemen Perusahaan
4. Pihak Pemerintah
5. Pihak Masyarakat
6. Pihak lainnya
Sekian Terimakasih
Komentar
Posting Komentar